Adaptasi Penting Dalam Dakwah

424 views

Ada banyak cara orang melakukan dakwah. Mulai dari berperang, memaksakan kehendak hingga pada tindakan melakukan adaptasi. Jika beberapa ratus tahun yang lalu agama kristen masuk ke Indonesia melalui adaptasi kebudayaan, dimana misionaris belajar kebudayaan lalu memadukan kultur dengan agama, maka kini polanya beralih. Pemanfaatan teknologi dianggap sebagai media yang tepat untuk sekarang ini.

Salah satu yang memanfaatkan teknologi dalam dakwah adalah situs bersaksi. Mereka memanfaatkan media internet untuk memenangkan jiwa bagi Yesus. Selain menggunakan media website, mereka juga menggunakan social media dan aplikasi android untuk menjadi saksi bagi Tuhan Yesus. Adaptasi dengan mengikuti perkembangan teknologi mereka lakukan, apalagi internet adalah sarana komunikasi yang murah dan tanpa batas. Apalagi, sekarang perkembangan ponsel cerdas yang mengadopsi internet berkembang pesat di Indonesia.

Dengan beradaptasi terhadap kondisi umum yang berlaku sekarang ini, maka untuk masuk berdakwah menjadi sangat mudah. Sudah tidak mungkin lagi melakukan penyebaran suatu prinsip dengan kekerasan, apalagi perang. Malah tindakan pemaksaan itu semakin menunjukkan kelemahan dan cacatnya ajaran yang ingin dipaksakan.