Alternatif Bukti Penghasilan Sebagai Syarat Pinjaman

480 views

Jika anda perhatikan layanan leasing, maka biasanya mereka menerapkan salah satu syarat tempat gadai bpkb adalah keberadaan bukti penghasilan agar proses kredit dapat dilakukan. Secara umum, memang mereka menetapkan slip gaji sebagai syarat pinjaman kredit. Tetapi setelah saya mencoba berkonsultasi dengan pengelola situs Dana Semar, ternyata banyak juga alternatif pengganti yang dapat diajukan sebagai bukti penghasilan yang sah.

Adapun pengganti slip gaji sebagai salah satu persyaratan kredit di bank maupun leasing adalah sebagai berikut:

  1. Surat keterangan penghasilan dari HRD di tempat anda bekerja.
  2. Bukti transfer di rekening bank, bagi anda yang gajinya ditransfer. Bagi pengusaha, mutasi saldo rekening juga dapat dijadikan alternatif pengganti untuk bukti penghasilan.
  3. Keberadaan invoice dan bon-bon (nota transaksi). Pengalaman saya saat berlibur di Jogja dan bertemu Arif (sahabat terbaik saya), dia menggadaikan bpkb mobilnya. Pihak leasing yang menjadi kreditur meminta bukti invoice, nota transaksi maupun bukti transfer dari klien yang menggunakan jasa rental mobilnya. Kehadiran nota dan invoice ini juga dapat dijadikan alternatif pengganti slip gaji.
  4. Jika anda seorang yang berpenghasilan dari transaksi jual beli saham (pialang), maka segala transaksi tercatat yang memberikan “gain” dapat pula dijadikan bukti penghasilan anda.
  5. Jika anda pengelola travel agent, maka bukti transaksi (invoice) pemesanan paket tour, penjualan voucher kamar hotel maupun tiket pesawat, dapat juga dijadikan alat bukti penghasilan yang diterima leasing. Bila perlu, lampirkan pula email-email pesanan dari klien anda yang dibandingkan dengan transaksi dana di rekening tabungan dari klien yang memesan jasa anda. Jadi, bagi pelaku usaha di sektor pariwisata, jangan kuatir karena anda juga berhak mengajukan pinjaman di pegadaian.

Demikianlah informasi tentang alternatif pengganti slip gaji yang dapat anda jadikan salah satu syarat pengajuan pinjaman di pegadaian. Flesibilitas adalah hal yang anda dapatkan jika bermaksud mengajukan pinjaman uang di leasing daripada di perbankan.