Cara Memilih Tingkatan Hosting Dari Berbagai Jenis

414 views

Tips yang ingin saya berikan ini adalah cara memilih paket hosting yang memiliki tingkatan yang beragam yang kadang membingungkan bagi orang awam. Pemilihan ini perlu anda lakukan secara hati-hati karena jika salah menentukan berdasarkan kebutuhan atau kondisi keuangan anda, maka dalam waktu singkat bisa saja anda mendapatkan hambatan. Dengan tutorial yang ingin kami sampaikan ini, diharapkan anda paham dan tidak mengalami hal-hal yang mengecewakan di belakang. Silakan simak cara terbaik yang berdasarkan pengalaman group Mulia Seo ini.

tips memilih hosting

Untuk memilih berbagai tingkatan hosting yang cukup membingungkan, anda perlu memperhatikan tips berikut ini. Diantaranya:

  1. Jangan terpengaruh oleh iklan atau posisi website mereka di google. Semuanya itu tidak pengaruh terhadap kualitas. Yang perlu anda lihat adalah spesifikasi (spek) hosting yang ditawarkan.
  2. Jika anda pemula dan hanya iseng-iseng berbisnis sampingan dan tidak berharap bisnis anda menjadi besar, tidak salah memilih tingkatan pemula yaitu share hosting. Harganya cukup murah tetapi memiliki banyak kendala. Sebagai “share” itu berarti anda berbagi dengan pihak lain. Ada ratusan website yang bergabung pada server yang sama. Bisa saja satu atau beberapa diantaranya memiliki tingkatan kunjungan yang tinggi sehingga mengakibatkan memory bandwidth terkuras. Server menjadi overload dan sering offline. Begitu jika ada website yang spam atau di banned oleh google, maka hal ini akan mempengaruhi penampakan website anda di google. Yang perlu anda pahami adalah ada share host yang menawarkan unlimited segalanya, tetapi saya tekankan bahwa itu tetap merupakan share hosting!
  3. Jika bisnis anda mulai membesar atau mengelola banyak website yang membutuhkan space dan bandwidth yang tinggi, maka biasanya ditawari upgrade ke VPS. Harganya cukup mahal tetapi memang spacenya sangat lega. Kendalanya adalah jika server terganggu oleh malware, maka VPS yang ada di dalamnya ikut terganggu. Termasuk jika terjadi gangguan jaringan pada server. Dalam satu server, terdiri atas beberapa VPS.
  4. Jika anda ingin memilih yang lebih baik lagi, pilihlah Cloud. Jenis hosting ini adalah tingkatan yang terbaik saat ini. Bisa saja kapasitasnya lebih kecil dari share atau VPS tetapi sistem cloud yang “mobile” menjadikan jenis ini sangat direkomendasikan untuk dipilih. Bahkan google juga menawarkan produk jenis ini. Sistem cloud adalah hosting yang dapat berpindah-pindah server saat terjadi gangguan pada server utama anda. Dengan sistem seperti ini, maka website anda terjamin akan selalu “on” 100% dan terhindar dari berbagai serangan malware. Untuk type ini, boleh saja anda menggunakan server yang berada di Indonesia atau di negara yang dekat, tetapi karena sifatnya yang “mobile” maka tidak terlalu penting penentuan letaknya.
  5. Apapun tingkatan hosting yang anda pilih, kami menyarankan penggunaan IP dedicated sendiri dan sertifikat SSL (penggunaan HTTPS) untuk pengamanan arus data pelanggan website anda.

Dengan kelima tips memilih berbagai jenis dan type hosting untuk website anda di atas, maka anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan keuangan anda. Kami sarankan sejak awal ditentukan, karena jika menunggu saat bisnis sudah besar dan pindah server, maka biaya menjadi lebih besar dan agak merepotkan prosesnya.

Tags: #cara #hosting #memilih