7 Faktor Pendukung Kesuksesan Pariwisata Jogja

563 views

Masyarakat Indonesia cukup kaget karena dalam beberapa tahun terakhir mencuat tempat-tempat wisata menarik dan baru dieksplorasi di Yogyakarta. Bahkan obyek tersebut banyak yang unik. Sebut saja: Goa Pindul, goa Jomblang, Pantai Indrayanti, dan lain-lain. Menurut situs yang mengulas pariwisata Indonesia, keindahan obyek di kota ini terbagi menjadi 3 kategori besar yaitu wisata alam, budaya & sejarah serta kuliner (sumber: http://pariwisataindo.com/2015/tempat-wisata-di-yogyakarta). Atas kemajuan sektor wisata di kota Yogyakarta, saya mencoba menganalisa faktor pendukung kesuksesan pariwisata Jogja.

Adapun 7 hal yang menjadikan pariwisata Yogya terdukung menjadi lebih maju adalah sebagai berikut:

  1. Kondisi alam yang cantik yang selama ini tersembunyi.
  2. Masyarakat yang kreatif dan memiliki inisiatif untuk maju, dengan konsep yang unik mengembangkan obyek wisata di daerahnya.
  3. Dukungan pemerintah daerah, yang bahu membahu bersama rakyat untuk membangun wilayahnya.
  4. Kehadiran travel agent yang gencar melakukan promosi tentang Jogja, bahkan hingga ke mancanegara.
  5. Pertumbuhan sarana akomodasi yang mendukung pariwisata. Hotel, resort, villa dan apartement bermunculan hampir serentak dalam 5 tahun terakhir. Hal ini memberikan pilihan menginap yang bervariasi bagi turis yang datang.
  6. Support transportasi yang berkembang pesat. Seiring kemajuan sektor wisata, jasa rental mobil di jogja tumbuh pesat.
  7. Kemajemukan masyarakat yang ada di kota Jogja yang hidup rukun menjadikannya nyaman sebagai destinasi wisata. Sebagai bukti, keberadaan keraton Yogyakarta yang dikeliling gereja di sekelilingnya dan beberapa candi budha dan hindu yang tersebar membuktikan bahwa kota ini memiliki keragaman agama yang hidup rukun bersama.

Ketujuh faktor di atas adalah hal yang sangat berperan untuk mendukung kemajuan pariwisata Jogja yang membanggakan bangsa Indonesia.