Faktor Yang Mempengaruhi Taksasi Mobil

552 views

Dalam bisnis pinjaman uang, terutama lembaga leasing resmi biasanya melakukan survey terhadap mobil yang akan digadaikan. Ada beberapa poin penting yang diperhatikan oleh surveyor, bukan saja menilai kelayakan konsumen saja, melainkan kondisi jaminan turut diperiksa. Karena dari hasil keseluruhan survey, maka akan ditentukan taksasi nilai pencairan maupun persetujuan kredit.

Berikut ini dasar taksasi nilai agunan mobil yang digadaikan, diantaranya:

  1. Jenis mobil. Seperti yang ditulis oleh Mrkredit.com, jenis agunan mobil yang memiliki nilai tinggi dalam pencairan diantaranya: family car, luxury car jepang, kendaraan niaga, jeep jepang dan terakhir luxury eropa.
  2. Kelengkapan mobil. Jika mobil anda dimodifikasi dan jauh berbeda dengan kondisi original, maka nilai taksasinya menjadi turun. Begitu pula kondisi ekterior dan interior mobil. Jadi jika ingin nilai pencairan tinggi, rawatlah mobil anda.
  3. Pajak dan plat nomer aktif. Jika anda terlambat membayar pajak, maka akan mempengaruhi taksasi nilai kendaraan anda.
  4. Faktor di luar bagian jaminan yaitu pekerjaan dan penghasilan anda juga turut mempengaruhi dana yang dicairkan leasing.
  5. Kesesuaian data pada jaminan dengan pemohon kredit juga mempengaruhi nilai taksasi.

Jika anda perhatikan, sebagian dari faktor yang mempengaruhi jumlah uang yang dicairkan oleh perbankan dan leasing, dapat anda perbaiki sehingga agunan anda bernilai tinggi. Prinsipnya, anda perlu pikirkan jika seseorang bermaksud meminjam uang kepada anda secara pribadi dengan mengagunkan jaminan mobil, maka tampilan fisik akan mempengaruhi penilaian anda, bukan?

Kelima faktor penentu taksasi harga mobil tersebut berlaku umum pada lembaga pemberi kredit resmi. Jika anda menggadaikan di tempat ilegal, dasar penentuan taksasinya tidak sedetail seperti yang saya sebutkan di atas.