Hal Yang Wajib Ditanyakan Saat Konsultasi Kredit

496 views

Bagi anda yang ingin mengajukan kredit pada sebuah lembaga pegadaian, maka hal pertama yang dilakukan adalah berkonsultasi. Ada banyak hal yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk melanjutkan permohonan pinjaman. Dan berikut ini informasi berbentuk tutorial, berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, saat mengajukan gadai bpkb mobil di layanan Siduit.

Adapun beberapa hal yang harus anda ketahui saat mengajukan kredit dan ini harus ditanyakan adalah sebagai berikut:konsultasi kredit

  1. Simulasi perhitungan pencairan dan angsuran bulanan. Cara gadai di pegadaian baik swasta maupun milik pemerintah, tidaklah lengkap jika anda tidak menanyakan hasil perhitungannya. Dan rasanya, tidak mungkin seseorang datang ke tempat gadai untuk menanyakan cara mengadaikan barang tanpa bertanya simulasi ini.
  2. Penerapan bunga. Dalam peraturan pemerintah, pihak perbankan dan lembaga keuangan wajib memberitahukan bunga yang diterapkan kepada nasabah. Bahkan hal ini juga wajib ditulis pada kontrak kredit.
  3. Persyaratan dokumen kelengkapan. Tentu hal ini merupakan bagian yang wajib ditanyakan jika seseorang mengajukan kredit. Sebaiknya konsultasi juga terkait syarat dokumen wajib serta yang bersifat non mandatory. Sekedar info saja, dokumen non mandatory sebaiknya tetap diajukan demi kecepatan proses. Bahkan, usahakan data dokumen anda segaris, agar pihak perbankan serta leasing tidak perlu menggali informasi melalui cara lain.
  4. Tanyakan pula terkait dengan denda maupun metode pelunasan dipercepat. Ini merupakan hal penting agar anda waspada dan terhindar dari keterlambatan pembayaran angsuran.
  5. Metode pembayaran angsuran. Fleksibilitas cara bayar cicilan bulanan perlu diketahui agar anda nyaman dan mudah, terlebih jika saat jatuh tempo pembayaran ternyata anda jauh dari atm atau bank.
  6. Konsultasikan tentang kendala yang pernah dialami sebelumnya. Banyak kalangan masyarakat yang takut untuk menceritakan hal-hal yang pernah dialami ssbelumnya, terkait dengan pengalaman buruk dalam kredit. Jika anda berhadapan dengan marketing, sebaiknya malah didiskusikan. Perlu anda ketahui bahwa tugas marketing adalah mencari nasabah. Jadi bukan penentu keputusan penolakan kredit. Jika anda berdiskusi tentang pengalaman buruk sebelumnya, mereka dapat memberikan jalan keluar. Karena team marketing pasti berharap agar anda disetujui saat mengajukan pinjaman.

Demikianlah informasimyang patut anda ketahui saat mengajukan kredit. Pertanyaan yang diajukan sebelum mendaftarkan diri pada program pinjaman kredit pada leasing seperti yang kami sajikan di atas adalah mutlak. Nasabah berhak mengetahui semua informasi tersebut.

Tags: #gadai #konsulasi #kredit #pinjaman