3 Layanan Utama Leasing Mobil

602 views

Di Indonesia, jumlah layanan leasing mobil tumbuh dengan cepat secara signifikat. Dan mereka biasanya memiliki beberapa produk unggulan yang utama. Dan inilah yang menyebabkan mereka dapat maju dengan pesat dibanding perbankan. Tidak heran, jika bisnis ini menjadi sorotan pengembangan usaha oleh perbankan, yang melihat ada banyak keuntungan jika mengembangkan sayap dengan membuka usaha leasing mobil. Apalagi, lembaga pembiayaan seperti ini tidak banyak terikat aturan oleh BI.

Adapun 3 layanan yang pada umumnya ditawarkan oleh pengelola leasing mobil adalah sebagai berikut:

  1. Jasa gadai. Hampir semua leasing kendaraan roda empat memiliki produk gadai bpkb mobil. Seperti yang ditulis situs Kotausaha.com, dengan menjaminkan surat resmi kendaraan yang memiliki kriteria tertentu, maka masyarakat dapat meminjam dana tunai. Kriteria yang sering ditetapkan oleh leasing diantaranya: umur mobil, kondisi, merek tertentu serta besarnya plafon pencairan uang.
  2. Kredit mobil. Produk ini adalah yang tertua dan sudah pasti ada pada sebuah leasing mobil. Masyarakat tidak perlu repot mencari perusahaan pembiayaan seperti ini jika ingin memiliki kendaraan. Cukup anda datangi dealer atau showroom mobil, maka biasanya mereka telah bekerjasama dengan leasing. Keleluasaan seperti ini jarang ditemui pada produk perbankan. Jika bank ingin bekerjasama dengan showroom atau dealer, maka prosesnya cukup rumit.
  3. Refinancing. Jika anda pernah membeli mobil dan kreditnya dicover oleh sebuah leasing, maka setelah lunas biasanya anda ditawari paket refinacing. Anda berhak memperoleh pinjaman dana tunai dengan menjaminkan kembali bpkb-nya. Prosesnya sama dengan jasa gadai, tetapi perolehan uangnya bisa lebih cepat. Karena sebelumnya anda membeli mobil yang kreditnya mereka cover, maka tidak perlu lagi melakukan pengecekan keabsahan dokumen dan bahkan tidak perlu disurvey lagi (pada beberapa leasing). Kebijakan seperti ini tentu saja menguntungkan masyarakat yang menjadi debitur tetap mereka, bukan?

Ketiga layanan di atas selalu ada dalam penawaran leasing mobil di Indonesia. Dan ini merupakan hal utama yang mereka kerjakan agar bisnis yang dikelola memperoleh keuntungan. Makanya, usaha pembiayaan konsumen seperti ini dilirik oleh bank sebagai perluasan produk.

Jika di bank biasanya hanya ada produk kredit mobil yang dikontrol oleh BI, maka jika mereka mendirikan leasing, produk yang dikelola dapat diperluas seperti penjelasan di atas. Sampai saat ini, saya belum pernah mendengar suatu bank yang menawarkan jasa pegadaian. Selama ini mereka hanya menangani pembiayaan kepemilikan mobil saja.

Tags: #layanan leasing #leasing mobil #produk leasing mobil