Manager HRD Berperan Penting di Perusahaan

329 views

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak CEO yang masih menganggap bahwa HRD kurang memberikan kontribusi secara financial kepada perusahaan. Hasil survey Center for Effective Organizations mengungkapkan bahwa 75% lebih dari para manager percaya bahwa HRD harus menjadi mitra bersama. Tetapi, hanya 27% lebih dari para manager percaya bahwa HRD mampu melaksanakan perannya tersebut.

Penempatan orang yang memiliki jiwa bisnis kuat akan membuat HRD mampu memainkan perannya dalam menyusun perencanaan SDM dan mengintegrasikannya kedalam strategi bisnis perusahaan serta tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap. Seorang HRD Manager harus mampu membaca dan memahami laporan keuangan serta cash flow serta dapat mengetahui secara pasti bagaimana program-program HRD akan berpengaruh terhadap hal tersebut. Menjadi HRD Manager bukan sekedar berhasil dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen SDM, namun perlu juga memahami bisnis perusahaan secara menyeluruh. Termasuk disini adalah pemahaman mendalam tentang “nature of Business” dan budaya perusahaan.

Dengan melihat semakin banyaknya tantangan yang harus dihadapi HRD Manager maka dapat juga dilihat bahwa HRD bukan lagi sekedar factor pelengkap dalam perusahaan. Setuju atau tidak HRD merupakan bagian yang penting, sama pentingnya seperti Finance, Marketing, atau Departemen lainnya yang mempengaruhi aspek-aspek yang ada dalam perusahaan dalam mencapai tujuan.

Sekarang tinggal bagaimana peran HRD Manager mampu menjawab tantangan tersebut dan terus meningkatkan kemampuan diri bukan hanya ahli di bidang SDM tetapi juga harus memiliki kemampuan ( minimal memahami ) di bidang-bidang lain seperti finance, accounting, hokum dan IT. (sumber : Majalah Human Capital).