Mengapa Tidak Banyak Tempat Gadai Truck?

586 views

Jika anda perhatikan dari setiap leasing dana tunai, ternyata tidak banyak yang menyediakan diri sebagai tempat gadai truck. Mengapa demikian? Hanya sedikit penyedia jasa gadai bpkb mobil yang berani memberikan pinjaman dengan agunan truck engkel maupun dump truck di Indonesia. Dan berikut ini pendapat saya, hasil bertanya-tanya pada pihak berwenang dalam bisnis ini, salah satunya pengelola situs bpkbku.com.

Adapun alasan tidak banyak pegadaian bpkb truck adalah sebagai berikut:

  1. Kebanyakan kondisi mobil niaga besar ini berubah tampilan secara fisik. Hal ini biasanya menyesuaikan dengan peruntukan sebagai alat distribusi. Biasanya leasing lebih suka dengan kondisi mobil yang standar, yang tidak berubah banyak dalam hal tampilan visual.
  2. Jenis truck yang digunakan untuk usaha, sangat jarang terspesialisasi dalam hal muatan yang dibawa. Hal ini terkait dengan penggunaan jasa pihak ketiga (transportasi) oleh pabrik. Saat kontrak pengangkutan selesai, maka di hari berikutnya bisa saja membawa muatan yang berbeda.
  3. Proses lelang yang sulit dilakukan. Jika terjadi wanprestasi dari konsumen, maka biasanya mobil ditarik dan dilelang. Untuk kendaraan pribadi (keluarga), proses ini sangat cepat. Tetapi untuk jenis truck maka membutuhkan waktu khusus.
  4. Tidak memenuhi persyaratan usia kendaraan. Truck yang beredar dan sering kita temukan di jalanan, kebanyakan berumur tua hingga lebih dari 15 tahun. Padahal standar persyaratan kondisi mobil gadai pada umumnya tidak boleh buruk seperti yang ditulis Kotausaha.com, dan umurnya harus kurang dari 15 tahun.
  5. Tidak banyak perusahaan asuransi yang bersedia menjamin kendaraan berat. Kalaupun ada, tarif preminya sangat tinggi. Dan leasing pegadaian pada umumnya mengasuransikan mobil yang mereka biayai.

Kelima alasan inilah yang dapat saya simpulkan terkait dengan tidak banyak tempat pinjam dana berupa gadai truck di Indonesia. Memang, kesimpulan ini masih perlu pengkajian ulang, dan admin it biznet kurang cukup waktu untuk meneliti lebih dalam.