Mengenal Tempat Gadai BPKB Ilegal

932 views

Kemaren, saya mendapat kunjungan dari teman lama yang sedang berduka karena tertipu oleh lembaga gadai BPKB yang ilegal. Dengan diawali bujuk rayu yang manis, teman saya yang tadinya tidak bermaksud meminjam uang maka menjadi tertarik mengajukan pinjaman. Dan sekarang, dia menyadari kekeliruannya dan kebingungan untuk mencari pinjaman menutupi kredit di lintah darat tersebut. Karena kejadian ini, saya jadi tertarik mencari referensi tentang keberadaan bisnis ini. Untunglah saya menemukan artikel milik Mrkredit.com yang mengulas perbedaan antara tempat gadai bpkb resmi dengan yang fiktif atau ilegal.

Untuk mengenal keberadaan tempat gadai ilegal, maka pelajari ciri-ciri berikut ini:

  1. Penerapan bunga sangat ringgi dan tidak wajar. Bahkan lebih dari 5% per bulan.
  2. Biasanya sembunyi-sembunyi, tidak berani mempublish bisnisnya di masyarakat, apalagi berpromosi internet. Mereka sangat menghindari popularitas bisnisnya.
  3. Tidak melakukan survey.
  4. Proses sangat singkat.
  5. Mengutamakan pinjaman uang dengan menjaminkan kendaraan bukan surat resminya.
  6. Tidak memiliki cabang agar terhindar dari popularitas. Ciri khas bisnis ilegal seperti ini juga berlaku di bidang usaha lain.

Dari info keenam ciri-ciri tempat gadai BPKB ilegal (non resmi) ini, seharusnya masyarakat sudah bisa mewaspadai layanan pinjaman uang tunai yang sering melakukan penipuan. Rentenir atau lintah darat yang merugikan seperti ini seharusnya dihindari, daripada mengalami nasib seperti teman saya, yang kebingungan mencari dana talangan hanya untuk “gali lobang tutup lobang”.