Pembatasan Umur Mobil di Jakarta

854 views

Saya mendengar kabar bahwa di kota Jakarta akan diberlakukan pembatasan umur mobil maksimal 10 tahun. Kebijakan ini bertujuan agar laju pertumbuhan jumlah mobil ditekan dan kemacetan parah kota Jakarta dapat terurai. Konon kabarnya, akan ada 700ribu mobil yang terimbas oleh kebijakan ini.

Jika pemberlakuan pembatasan usia mobil diberlakukan, maka akan muncul pro kontra. Bagi showroom mobil baru di Jakarta, hal ini merupakan kabar baik. Tetapi bagi pemilik mobil tua dan dealer kendaraan bekas akan sedih dengan aturan pembatasan usia mobil tersebut. Seharusnya pemerintah daerah benar-benar memperhitungkan keputusan yang akan diambil. Karena saya dengar, kemacetan ibukota bukan disebabkan oleh satu faktor usia mobil saja. Masih banyak hal-hal lain yang menjadi penyebab buruknya kualitas lalu lintas ibukota.

Saya berandai-andai jika kebijakan pembatasan usia kendaraan juga diberlakukan di wilayah Sulawesi. Woww pasti akan banyak protes terjadi. Apalagi di kota seperti Palu dan Manado yang jumlah pengguna mobil berumur lebih dari 10 tahun cukup banyak. Apalagi harga kendaraan baru di wilayah ini sangat tinggi dibandingkan dengan kota Jakarta.