Pengertian Pembiayaan Konsumen dan Komponennya

402 views

Era setelah tahun 2010, pertumbuhan perusahaan pembiayaan konsumen sangat pesat di Indonesia. Jasa keuangan non bank ini menjadi tumpuan harapan masyarakat saat kondisi kebutuhan dana cukup mendesak. Secara umum, sebagian masyarakat menyebutnya sebagai leasing. Selain lebih singkat, pengertian pembiayaan konsumen mengacu hanya pada kegiatan dan komponen di dalamnya.

Definisi Pembiayaan Konsumen

Pengertian pembiayaan konsumen adalah suatu kegiatan pendanaan yang dilakukan oleh institusi kepada masyarakat, yang menerapkan berbagai komponen biaya pendukung di dalamnya. Dari definisi ini jelaslah bahwa perusahaan leasing menjalankan bisnis bukan lembaga sosial.

Komponen Biaya

Pada artikel rincian simulasi gadai, kami menyatakan bahwa di dalam pembiayaan konsumen terdapat beberapa komponen di luar suku bunga yang diterapkan. Dan komponen tersebut diantaranya:

  1. Biaya administrasi. Yaitu tarif atas terjadinya transaksi peminjaman uang. Termasuk di dalamnya adalah opex.
  2. Biaya provisi. Ini merupakan upah yang ditetapkan dan akan dibayarkan kepada marketing sebagai fee atau insentif.
  3. Biaya lain. Jika pinjaman pada perusahaan pembiayaan menerapkan agunan, maka biasanya nasabah juga dikenakan biaya asuransi sebagai komponen yang akan meminimalisir terjadinya kerugian atas kejadian yang tidak terduga dan bukan unsur kesengajaan debitur.

Demikianlah penjelasan pengertian dan komponen pada pembiayaan konsumen yang berlaku di Indonesia. Jenis usaha ini tumbuh subur karena pengawasan terhadap kesehatan dan gerak bisnisnya tidaklah seketat di bank yang banyak diberlakukan aturan khusus. Itulah sebabnya masyarakat menyukai meminjam dana pada institusi ini.