Penyebab Pinjaman Anda Ditolak Leasing

553 views

Di media internet, sangat jarang ulasan tentang faktor-faktor penyebab suatu pinjaman ditolak leasing. Selama ini situs sejenis selalu memberi masukan tentang hal-hal yang menyebabkan permohonan anda disetujui. Tetapi hal itupun terlihat masih dangkal pembahasannya. Kali ini saya ingin berbagi beberapa hal yang berbeda. Bagi saya, jika anda mengetahui kesalahan fatal yang menyebabkan kredit ditolak saat ingin mengajukan gadai bpkb mobil, maka anda dapat mengantisipasinya.

Adapun penyebab permohonan pinjaman uang anda ditolak leasing pegadaian BPKB adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki latar belakang atau pengalaman kredit wan prestasi. Jika pihak leasing menggunakan BI checking, maka pengalaman buruk pada pinjaman via bank (termasuk kartu kredit). Jika anda pernah mengajukan kredit di leasing dengan history buruk, maka anda terganjal oleh APPI checking. Hal yang menarik adalah ternyata tidak semua leasing melakukan pengecekan kedua data tersebut.
  2. Kondisi jaminan yang buruk. Jika anda ingin menggadaikan mobil, pastikan bahwa kendaraan tersebut layak jalan, dan baik secara interior maupun exterior dalam keadaan bagus. Jika mesin mobil tidak bisa dinyalakan, bisa saja pengajuan kredit anda ditolak.
  3. Anda harus bisa menunjukkan surat resmi dan kendaraan tersebut. Jika anda hanya menunjukkan BPKB saja, maka tidak ada leasing yang berani memberikan anda pinjaman.
  4. Pastikan pajak, plat nomer dan stnk mobil dalam keadaan aktif bukan expired. Beberapa leasing langsung menolak aplikasi dengan pajak dan stnk mati. Tetapi ada juga perusahaan gadai lainnya yang masih menyetujui tetapi nilai taksasi mobil menjadi turun.
  5. Jika data kepemilikan kendaraan berbeda baik nama dan alamat dengan identitas anda.
  6. Anda tinggal di wilayah blacklist. Bisa saja anda adalah orang yang baik, tetapi karen tinggal di lingkungan yang dianggap berbahaya, maka leasing biasanya ingin mengantisipasi kerugian dengan menghindari kawasan seperti itu. Apalagi, pihak leasing belum kenal dengan anda, bukan?
  7. Pada jaminan sertifikat rumah, pastikan kondisi rumah bagus dan layak huni serta tidak dalam permasalahan sengketa. Selain itu, rumah di “jalur hijau” atau berada pada area konservasi lahan, biasanya tidak dapat diajukan sebagai agunan.

Demikianlah beberapa hal yang dapat menyebabkan pinjaman uang yang anda ajukan secara online dan offline ditolak oleh perusahaan pembiayaan. Pelajari dengan teliti faktor-faktor di atas agar kredit yang diajukan dapat disetujui.