Perkembangan Otomotif di Semarang

565 views

Saya sungguh salut dengan kota Semarang karena perkembangan bidang otomotif sangat maju pesat di ibukota Jawa Tengah ini. Hampir semua bisnis yang terkait bidang ini, mengalami pertumbuhan yang menggembirakan. Anda penasaran dan ingin tahu buktinya? Berikut hasil pengamatan saya.

Adapun bukti bahwa otomotif di kota Semarang tumbuh pesat adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah dealer baik sepeda motor dan mobil, baru dan bekas, bertambah secara significant dalam lima tahun terakhir.
  2. Lembaga penjaminan bpkb semakin banyak. Pegadaian Semarang yang dikelola pemerintah dan swasta berlomba-lomba membangun jaringan cabang di lokasi strategis. Jika tidak ada pasarnya, buat apa mereka ekspansi besar-besaran sampai lebih dari tiga cabang dalam satu kota?
  3. Tingkat kemacetan pada jam sibuk mulai meluas. Beberapa tahun yang lalu saat berkunjung ke Semarang, sangat jarang saya temukan kemacetan. Apalagi kondisi jalan di sana lebar-lebar. Tapi kini, cukup sering ditemukan titik kemacetan di penjuru kota.
  4. Kota Semarang cukup aktif melakukan event yang terkait dengan otomotif. Ajang pameran dan lomba baik mobil dan motor sering digelar di kota ini.
  5. Majunya sarana transportasi di kota ini. Jumlah taxi yang bertambah serta bisnis rental mobil yang booming di Semarang merupakan barometer penting pertumbuhan otomotif.
  6. Leasing mobil yang membuka cabang di kota ini makin banyak. Hampir semua lembaga pembiayaan di Jakarta, juga ditemukan di ibukota Jawa Tengah ini.
  7. Pertumbuhan layanan penjualan asesoris dan variasi mobil motor juga menjadi petunjuk yang jelas bahwa market otomotif sangat maju pesat di sini.

Dengan melihat ketujuh indikator di atas, saya yakin bahwa setiap pihak yang memperhatikan perkembangan otomotif di Indonesia cukup memperhitungkan kemajuan bidang ototmotif di Semarang. Bagaimana pendapat anda?

Tags: #otomotif di semarang #semarang