Rincian Pada Simulasi Pinjaman Gadai

364 views

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa rincian pada simulasi pinjaman gadai sebenarnya terdiri atas banyak komponen. Dan semuanya sangat penting di dalam melakukan kalkulasi. Seperti yang diterangkan pada video yang diunggah Dana Jakarta, yaitu perusahaan yang menyediakan layanan gadai bpkb mobil, secara prinsip menjelaskan bahwa calon nasabah harus meminta rincian lengkap terkait perhitungan simulasi.

Saya adalah salah satu nasabah perusahaan tersebut, dan ingin berbagi berdasarkan pengalaman saya mengajukan pinjaman. Dan komponen lengkap pada simulasi yang harus diketahui calon debitur adalah sebagai berikut:

  1. Pembiayaan. Di dalamnya tergantung total kewajiban nasabah (hutang pokok) sebelum dikenakan bunga. Jadi biaya-biaya yang timbul atas transaksi gadai terkandung di dalamnya.
  2. Pencairan dana. Ini adalah hak anda yang diterima saat menggadaikan bpkb, sertifikat maupun barang lain. Pencairan uang ini adalah pembiayaan yang telah dikurangi biaya. Dalam bisnis peminjaman dana sistem gadai, biasanya nasabah hanya diberi angka ini saja.
  3. Angsuran. Yaitu beban total pembiayaan yang dikenakan bunga lalu dibagi tenor. Nilai ini wajib anda setor setiap bulan sampai hutang lunas sesuai batas waktu pinjaman. Seperti halnya pencairan, biasanya konsumen juga diberitahu hanya komponen ini saja.
  4. Biaya administrasi. Ini adalah tarif yang jarang disampaikan kepada nasabah saat meminta simulasi pinjaman gadai. Ini sangat fatal karena seharusnya rincian angka simulasi ini dimunculkan sebagai bahan pertimbangan konsumen.
  5. Biaya provisi. Ini merupakan fee yang harus anda bayarkan dan bersifat wajib. Pihak bank, leasing maupun kreditur selalu menetapkan tarif ini, terkait sebagai jasa atau upah karena team marketing mereka telah membantu anda di dalam pengajuan pinjaman gadai.
  6. Biaya asuransi. Dalam meminta perhitungan simulasi, kebanyakan nasabah diberitahu bahwa agunannya diasuransikan TLO atau Allrisk. Tetapi mereka tidak diberitahu besarnya nilai tarif asuransi. Dan ini sangat fatal.

Demikianlah informasi terkait dengan rincian simulasi pinjaman gadai yang wajib diketahui oleh nasabah. Seperti pada video yang saya tampilkan sebelumnya, yaitu membahas prinsip gadai yang penting, maka anda seharusnya meminta simulasi secara terperinci (poin ke 3) demi kenyamanan dan kalkulasi perhitungan yang cermat sebelum mengajukan pinjaman gadai.