Strategi Pricing Pada Travel Agent

913 views

Tahukah anda bahwa peluang usaha bidang travel agent di Indonesia adalah yang paling dinamis dan meningkat pesat pertumbuhannya? Dan karena persaingan yang ketat ini, maka perlu dipikirkan strategi bisnis yang ampuh termasuk dalam hal pricing (penentuan harga jual). Memang, agar dapat memenangkan persaingan tersebut, masih ada metode lain yang efektif, termasuk diantaranya promosi yang gencar. Tetapi dalam menjalankan bisnis, harus melakukan kombinasi strategi. Kali ini saya ingin mengulas tentang pricing.

Komponen harga adalah salah satu yang perlu anda utak-atik. Ada kalanya anda harus menekan profit, bahkan pada beberapa jenis usaha, menerapkan penjualan produk tanpa keuntungan untuk sebagian produk laris. Dan saya juga menerapkannya pada bisnis online yang saya kelola. Subsidi silang diterapkan pada penetapan harga. Misalnya, untuk tujuan tempat wisata populer, saya membanting harga sangat rendah. Hal ini dilakukan karena demand sangat tinggi. Pada bagian lain, untuk tujuan yang jarang dikunjungi, saya menaikkan harga cukup besar sebagai subsidi silang terhadap banting harga di destinasi populer. Inilah strategi pricing yang saya terapkan pada travel agent yang saya kelola.

Penetapan harga sebagai strategi bukan terbatas pada produk yang serupa saja. Pada produk komplimen juga dapat diterapkan. Misalnya ada pelanggan yang ingin membeli tiket pesawat sekaligus voucher kamar hotel dan rental mobil, maka dapat dikemas harga khusus yang cukup murah. Kombinasi dalam penetapan harga (strategi pricing) adalah salah satu kiat sukses travel agent yang saya kelola.