Tips Sukses Bisnis Online

409 views

Saat ini, Bisnis online semakin marak dan berbelanja via internet juga sudah menjadi gaya hidup. Kondisi ini membuat bisnis online semakin berkembang. di mana efektifitas waktu membuat masyarakat senang melakukan browsing untuk melihat dan memutuskan sesuatu untuk melakukan pembelian terhadap sesuatu produk. Masalahnya banyak pelaku yang sering patah semangat karena kesuksesan tidak kunjung datang. Berikut tutorial bagi anda yang ingin meraih sukses dalam menjalankan bisnis via online.

bisnis online

Berdasarkan makalah yang saya temukan pada materi presentasi bisnis yang membahas tentang efektifitas menjalankan usaha via internet. Dan untuk meraih keberhasilan maka anda perlu melakukan:

  1. Memperdalam pengetahuan. Karena Anda akan menjalani usaha online, ada baiknya untuk menambah pengetahuan dalam menjalankan fungsi-fungsi internet. ikutilah workshop workshop baik offline maupun online. Hal ini akan meningkatkan skill anda di internet. Belajarlah minimal untuk membuat blog hingga mengoptimalkan situs pada search engine.
  2. Fokus Pada kemampuan anda. Jika anda adalah suplier atau produsen dari suatu produk fokuslah untuk mencari reseller atau mereka yang memiliki komunitas yang bisa menjadi jalur distribusi produk anda di internet, anda tidak bersusah payah untuk membuat web e-commerce.
  3. Kunjungi komunitas dunia maya. Ada banyak sekali komunitas dunia maya yang tersebar, seperti perkumpulan pencinta kain, penghobi makanan, dan lain-lainnya. Carilah yang sekiranya cocok dengan jenis usaha Anda. Setelah itu, lakukan promosi. Tak perlu malu-malu, Anda harus mau untuk memasarkan produk. Semakin banyak yang mengenal usaha Anda, semakin pula kemungkinan mendapatkan pembeli. Jalinlah komunikasi yang baik dengan orang-orang yang Anda temui di dunia maya tersebut sehingga tercipta kepercayaan. Ada satu hal yang mesti diingat saat berpromosi, ikutilah aturan-aturan yang berlaku dalam komunitas tersebut. Sekali melanggar, Anda bisa kena penalti.
  4. Kunjungi dan Ikuti Komunitas Offline Dunia Maya. Setelah anda mengikuti komunitas secara online ikuti juga pertemuan offline yang diadakan, dengan mengikuti pertemuan secara offline anda akan mendapatkan relasi baru dan pandangan yang lebih luas.
  5. Rajin Update di Social Media. Social media saat ini memiliki peranan penting dalam bisnis , usahakan untuk selalu update status baik itu lewat facebook, twitter, instagram dan yang lainnya.
  6. Perbarui situs secara berkala. Sangat penting untuk memperbarui situs. Bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali. Jangan sampai sebulan sekali. Terlalu lama, maka calon pembeli bisa jadi tak tertarik untuk kembali mengunjungi situs Anda. Pasalnya, pengunjung harus terus mendapatkan tawaran dan informasi terbaru dari toko Anda. Setiap perubahan dalam hal detail kontak, harga, pembayaran, dan pengantaran barang mesti diinformasikan dalam situs.
  7. Kenali produk yang anda jual secara detail. Jangan sampai anda tidak dapat mengenali manakah produk asli dan manakah yang tiruan.
  8. Miliki cukup produk. Tidak masalah bila memulai usaha dengan jumlah barang yang tidak terlalu banyak, namun pastikan bahwa jumlahnya cukup. Sebaiknya Anda tidak menampilkan semua produk sekaligus. Disimpan agar Anda bisa terus melakukan update.
  9. Kreatiflah dengan foto atau gambar. Karena calon pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang Anda tawarkan, siasati hal ini dengan menampilkan foto-foto produk. Calon pembeli tidak akan terpuaskan keingintahuannya atau ia malah jadi tidak tertarik karena menganggap barangnya biasa-biasa saja. Fotolah produk dari berbagai sudut dan jarak. Sediakan versi umum dan mendetailnya supaya calon pembeli bisa mengetahui dengan pasti rupa barangnya. Hiasan yang menarik akan menambah nilai jual barang tersebut.
  10. Miliki nilai tambah. Anda boleh saja menjual pakaian sama seperti perempuan lain, tapi tentu usaha Anda jadi tak ada istimewanya, kan? Kalau Anda menjual pakaian khusus berukuran besar dengan motif-motif unik yang bisa membuat pemakai terlihat super langsing dan mengantarnya ke rumah pembeli, baru bisa dikatakan usaha Anda berbeda dari kebanyakan. Temukanlah keunikan dalam setiap jenis usaha yang Anda jalankan. Pelayanan yang memuaskan juga bisa dijadikan nilai plus.

Tips sukses menjalankan bisnis online ini perlu anda asah secara terus menerus. Perbanyak informasi tentang manajemen bisnis, marketing, mengatur stok, menggunakan tools bantu untuk website dan lainnya.

Tags: #bisnis #online #sukses #tips